Natural, Informative And Educative

Natural, Informative And Educative
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 75, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA, MARHABAN YA MUHARRAM. SELAMAT MEMASUKI TAHUN BARU ISLAM 1442 H" Mohon maaf lahir batin

Jumat, 24 Mei 2013

UN SMA 2013 BUKITTINGGI LULUS 100%

Share

Hari ini, Jumat 24 Mei 2013, secara serentak SMA sederajat di Su­matera Barat mengumumkan hasil nilai akhir (NA) siswa semester akhir. Rasa deg-degan mewarnai perasaan siswa, karena berbagai isu beredar antara lain mengatakan semua siswa peserta UN dinyatakan lulus. Jika melihat data dari Dinas Pendidikan Sumbar, ternyata isu tersebut tidak benar. Dari 68.045 siswa peserta UN SMA sederajat, 230 orang siswa dinyatakan tidak lulus. Dapat dirinci, terdapat 199 orang siswa tingkat SMA dan MA yang tidak lulus. Kemudian ada 31 orang siswa SMK yang tidak lulus. Artinya, hanya 67.815 orang siswa yang lulus atau sekitar 99,72 persen.
Melihat persentase kelulusan ini, Ketua UN 2013 Bustavidia mengatakan, persentasenya mele­bihi angka kelulusan tahun lalu. Kenaikan ini terjadi sekitar 0,32 persen. Tahun 2012 lalu, angka kelulusan siswa SMA sederajat di Sumbar sekitar 99,40 persen.

Dikatakan Bustavidia, angka kelulusan ini bisa saja mengalami perubahan. Karena dari berbagai sekolah yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Sumbar, tidak semuanya yang menginput data nilai sekolah ke pusat.

“Hal ini jelas mempengaruhi nilai akhir siswa. Karena untuk mendapatkan nilai akhir, diambil dari nilai sekolah dan nilai UN. Dari nilai sekolah diambil dengan persentase sekitar 60 persen, dan hasil UN sekitar 40 persen,” katanya, Kamis (23/5).
Untuk rata-rata NA tingkat SMA dan MA, Kota Padang memi­liki rata-rata tertingi dibanding 18 kota dan kabupaten lainnya. Yaitu 7,37. Posisi ini mengalahkan Kota Padang Panjang yang memiliki rata-rata 7,30.

Kemudian Kota Bu­kitting­gi yang memiliki rata-rata 7,28.
Sementara untuk  tingkat kelu­lusan SMA dan MA, Kota Padang tidak menjadi yang pertama. Karena 8 orang siswa dari kota ini tidak lulus. Selain Padang, ada 14 kabupaten dan kota yang mem­punyai siswa tidak lulus. Angka siswa tidak lulus didominasi oleh siswa berasal dari Pesisir Selatan sebanyak 55 orang. Disusul,
Kabu­paten Kepulauan Mentawai seba­nyak 43 orang dan Kabupaten Solok sebanyak 28 siswa.
Empat kota yang memiliki angka kelulusan 100 persen adalah, Bukittinggi, Padang Panjang, Kota Sawahlunto, dan Kota Pariaman.

Di sisi lain untuk tingkat SMK, tingkat tidak lulus siswa banyak terdapat di Kota Payakumbuh, yaitu 18 orang. Diikuti Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 5 siswa dan Kota Padang sebanyak 3 orang.
Sementara dari 19 kabupaten dan kota ini untuk tingkat SMK, sebanyak 12 kota dan kabupaten memiliki siswa yang lulus 100 persen. Yaitu, Bukittingi, Padang Panjang, Sawahlunto, Kota Solok, Kota Pariaman,

Kabupaten Lima­puluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung, Pasaman Barat, Solok Selatan, dan Dhar­masraya. Sementara Kepulauan Mentawai tidak memiliki SMK.
Terkait cara pengumuman kelu­lusan ini, masing-masing kabupaten dan kota diserahkan mau memilih cara yang mana. Untuk Kota Padang, dipilih dengan cara mem­beritahukan kelulusan melalui website dan SMS. Sementara seko­lah di Bukittinggi, memilih dengan meminta siswa datang langsung ke sekolah.
Berita terkait baca di harian Haluan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.