Natural, Informative And Educative

Natural, Informative And Educative
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 75, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA, MARHABAN YA MUHARRAM. SELAMAT MEMASUKI TAHUN BARU ISLAM 1442 H" Mohon maaf lahir batin

Rabu, 25 Juli 2012

Jelang ujian, website uji kompetensi guru Kemdikbud tidak dapat diakses

Share

Website yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) untuk uji kompetensi guru (UKG) saat ini tidak dapat diakses. Dari pantauan IDnc.info, website yang beralamat ukg.kemdikbud.go.id ini tidak dapat dibuka dari kemarin siang hingga malam. 

Website yang menyediakan contoh soal UKG untuk para guru dan kepala sekolah yang akan melaksanakan ujian pada tanggal 30 Juli 2012 tidak menunjukan tanda-tanda online. Ujian rencananya akan dilaksanakan secara bergelombang sesuai dengan ketersediaan perangkat dimasing-masing wilayah lokasi ujian.

Website yang menggunakan sub-domain ukg dari website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini diinformasikan menyediakan pedoman-pedoman bahasan materi yang akan diujikan pada ujian kompetensi untuk para guru diseluruh Indonesia. Website tersebut juga menyediakan contoh atau kisi-kisi soal untuk memberikan kemudahan untuk para guru dalam menghadapi ujian, informasi mengenai format soal adalah 30% soal pedagogik dan 70% soal profesional.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan “Semua guru diharapkan untuk mengikuti ujian untuk melihat potensi yang ada pada setiap guru”. Karena kemampuan guru, kata Musliar, juga ikut mempengaruhi kemampuan anak didiknya, misalnya nilai kelulusan ujian nasional.

“Tak akan pengaruhi tunjangan profesi,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim. Jika ada yang tidak lolos ujian sertifikasi, maka akan diadakan pelatihan oleh Kemdikbud, tegasnya.

Banyaknya website yang juga memberikan informasi mengenai contoh soal ujian kompetensi ini membuat para guru sulit menentukan informasi yang valid dikarenakan website resmi dari Kemdikbud tidak beroperasi. Saya juga sudah berulang kali melakukan test melalui koneksi dibeberapa negara, hasilnya banyak menunjukan “connect() timed out!”. Semoga hal ini dapat segera teratasi sehingga para bapak dan ibu guru dapat mempersiapkan diri menjelang ujian kompetensi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.