Natural, Informative And Educative

Natural, Informative And Educative
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 75, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA, MARHABAN YA MUHARRAM. SELAMAT MEMASUKI TAHUN BARU ISLAM 1442 H" Mohon maaf lahir batin

Selasa, 21 Februari 2012

WASPADA! Raket Tenis Palsu di Pasaran

Share

   Beberapa waktu lalu saya mendapatkan sebuah link dari kawan saya. Link ini menuju ke blog tentang tennis yang diasuh oleh kawan saya, Nawin, orang Singapura. Hal menarik dalam salah satu tulisannya adalah mengenai beredarnya raket palsu di pasaran yang semakin marak saat ini. Saya sendiri dulu pernah mengalami sendiri membeli raket palsu karena tergiur harganya yang miring. Tapi akibatnya adalah ketika main, timbul rasa ketidaknyamanan entah itu raketnya sangat bergetar atau distribusi beratnya yang tidak sesuai sehingga berpengaruh terhadap performa kita di lapangan.
Menurut saya saat ini bagi pemain-pemain rekreasional, raket yang paling banyak dipakai adalah Wilson dan Babolat. Wilson dengan variannya mulai dari Hyper Hammer hingga Ncode dan sekarang Kfactor merajai pasaran raket, sedangkan saingannya saat ini adalah Babolat dengan varian raket pure drive-nya. Sedangkan untuk brand lain yang sudah lama seperti Prince, Head, Yonex dan Dunlop saya kira kurang populer lagi saat ini.
Dua Produsen raket itulah yang disorot saat ini. Karena kepopulerannya, maka belakangan ini banyak raket palsu yang beredar di pasaran dengan mengusung brand tersebut. Untuk Wilson, saya kira sudah lama beredar versi “KW2” atau istilahnya bagi penjual raket adalah kualitas nomor dua-nya. Sedangkan Babolat setelah sukses dengan pure drive-nya, saat ini sudah mulai beredar KW2-nya alias imitasinya. Saya sendiri baru mendengar saja kalau telah beredar babolat palsu di pasaran. Adalah kawan saya, Nawin, yang menulis di blognya lengkap beserta foto-foto perbandingan antara yang asli dengan yang palsu.
Nawin sendiri memiliki pengalaman yang menarik ketika membeli raket Wilson Kfactor 95. Setelah pembelian pertamanya, ia merasa cocok dengan raket tersebut dan memutuskan untuk membeli raket kedua di toko yang sama. Sebagai catatan, raket-raket yang ia beli merupakan produk asli versi asia yang notabene buatan negara Cina di toko olahraga yang saya kira juga terpercaya, yaitu Royal Sporting House. Hasilnya ketika memakai raket kedua terdapat feeling yang berbeda dibandingkan saat memakai raket pertama. Setelah diteliti dengan seksama, ternyata terdapat beberapa perbedaan antara raket yang dibeli pertama kali dengan raket yang kedua. Marilah kita lihat bukti-buktinya:
Bukti pertama adalah yang paling jelas dan paling parah menurut saya. Dua raket ini jelas memiliki perbedaan perbandingan berat antara kepala raket dengan gagangnya. Perbedaan ini jelas saja mempengaruhi keseimbangan dan feel kita ketika memukul bola.


 Yang Kedua, Foto-foto tersebut di ambil pada posisi yang sama. Lihatlah letak perbedaan antara raket satu dengan lainnya dimana lambang Kfactor yang satu diakhiri dengan tanda Trade Mark (TM) dan satu lagi dengan lambang Registered (R).

                                               Logo Kfactor yang diakhiri dengan tanda Trade Mark (TM)

                                                              Logo Kfactor yang diakhiri dengan tanda Registered (R)

Begitu pula gambar berikut, pada posisi yang sama menunjukkan logo yang berbeda. Yang satu TM dan satu lagi R. Seharusnya suatu produk telah ditetapkan standar baku yang konsisten baik dalam berat, distribusi berat, maupun pengerjaan finishingnya meliputi pengecatan dan pemberian logo-logo tadi.


Untungnya di Singapura toko penjual raket terhadap konsumennya sangat baik. Sehingga ketika dikomplain, toko segera menggantinya dengan yang baru yang sama dengan raket yang Nawin pertama beli karena menurut dia raket tersebut yang feel-nya lebih enak. Bayangkan kalau di Indonesia, umumnya barang yang sudah dibeli tidak dapat lagi dikembalikan atau ditukar jadi kita harus jeli sekali.
Selanjutnya adalah raket Babolat Pure Drive palsu. Yang ini dari segi finishing dan paintwork-nya sangat baik. Jadi anda diharapkan jeli untuk menemukan kejanggalan-kejanggalan yang lain.
Raket yang palsu umumnya bila ditimbang dengan yang aslinya, maka akan terasa lebih ringan. Ukuran rangkanya pun terlihat lebih tipis daripada yang aslinya. Perhatikan gambar berikut, raket yang asli adalah yang di atas.


Satu lagi yang berbeda adalah bentuk dari kepala raket. Babolat Pure Drive yang palsu memiliki rangka yang lebih oval dibandingkan dengan yang asli. Perhatikan gambar di bawah ini. Yang manakah menurut anda yang palsu? Raket yang palsu adalah yang di sebelah kiri.


Saat ini pembuatan raket, terutama untuk kawasan Asia, sudah diproduksi secara massal di Cina. Seperti kita ketahui produk Cina terkadang memiliki kualitas buruk dalam hal material maupun polesan akhirnya. Hal yang terjadi pada kawan saya Nawin merupakan hal yang cukup unik karena dia membeli raket yang notabene asli dari satu toko yang sama namun ternyata memiliki perbedaan yang signifikan. Kemungkinan yang terjadi adalah raket diproduksi dari satu pabrik yang sama namun buruk dalam hal QC dan tidak mengikuti standar yang ditetapkan Wilson atau raket diproduksi dari dua pabrik yang berbeda dengan standar baku yang berbeda pula. Yang mana yang benar, Wallahualam. Jikalau ingin membeli raket yang asli dan paling aman dari standar ganda seperti ini, ya mungkin anda bisa memilih untuk memesannya via internet dari Amerika karena produk-produk dari sana setahu saya memiliki Quality Control yang sangat ketat sehingga bisa dipastikan satu produk dengan produk lainnya yang sama memiliki standar spesifikasi yang sama pula 

Jadi hikmah yang bisa diambil dari artikel ini adalah berhati-hatilah dalam memilih raket terutama bagi para pemula yang baru akan memiliki raket. Bagi anda yang mementingkan kualitas, janganlah tergiur dengan raket baru yang berharga murah karena umumnya harga seimbang dengan kualitasnya. Belilah pada toko-toko yang terpercaya. Dan jika memilih raket, mintalah kepada penjual setidaknya 3 raket yang sama dan timbanglah dengan jari telunjuk pada leher raket dan carilah yang paling konsisten bilamana terdapat perbedaan distribusi berat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.