Natural, Informative And Educative

Natural, Informative And Educative
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 75, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA, MARHABAN YA MUHARRAM. SELAMAT MEMASUKI TAHUN BARU ISLAM 1442 H" Mohon maaf lahir batin

Selasa, 20 Desember 2011

Batu Akik "LUMUIK" Sungai Dareh Yang Tersohor

Share

Pada posting kali ini, sengaja saya membahas sedikit mengenai batu permata yang di masyarakat indonesia lebih dikenal dengan batu akik. Mengapa saya tertarik mempostingnya??? (sampai 3x tanda tanyanya). Aslinya, saya bukanlah orang yang gemar dengan batu-batuan seperti ini. Tetapi, karena belum lama ini ada seorang teman saya yang bermurah hati memberikan sebuah batu akik yang menerutnya namanya adalah “LIMAU MANIH/CIMPAGO” (Bahasa Indonesianya mungkin Jeruk Manis kali ya…) maka iseng-iseng saya coba-coba cari info, mengenai apaan sih itu batu akik??

Batu permata atau batu akik merupakan suatu bentuk batu dari hasil proses kristalisasi dari beberapa mineral yang tersimpan di dalam perut atau inti bumi. Dan biasanya batu permata atau batu akik ini mempunyai suatu kelebihan yaitu berupa aura atau YONI. Sedangakan arti dari Yoni adalah daya metafisis yang terpancar.Yoni yang terdapat pada batu permata atau batu akik memang dianugerahkan oleh Allah, agar kita sebagai makhluk yang diciptakan paling sempurna, tidak tergantung pada benda-benda apapun termasuk batu permata atau akik. Karena pada hakikatnya semua kemampuan dan kekuatan berasal dari Allah.

Yoni yang dipancarkan dari dalam batu permata atau akik tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari jenis batu permata atau akik tersebut. Ada beberapa kegunaan atau khasiat dari batu permata (akik) dalam khasanah Jawa, antara lain:

1. Intan
Bisa menimbulkan percaya diri, ketenangan batin dan untuk menambah semangat. Mungkin dilihat dari harganya yang mahal sehingga membuat orang yang memakainya bertambah rasa percaya dirinya sehingga timbul suatu ketenangan dari dalam hati.
2. Mirah
Bisa untuk mengobati orang yang terkena racun, untuk menarik simpati, dan sebagai obat impotensi

3. Safir
Safir biasanya tersohor sebagai penambah ketentraman dan ketenangan batin. Dapt sebagi obat cacar air, demam, lamur mata.

4. Turmalin
Sebagai penambah rasa percaya diri

5. Giok
Membuat hati bertambah tenang dan tentram, serta sebagai obat bagi penderita ginjal dan rematik.

6. Kalimaya
Menambah ketenangan batin dan sebagai obat bagi penderita impotensi dan gangguan pada mata.

7. Topas
Untuk menambah rasa percaya diri, serta sebagai obat bagi penderita gangguan pernafasan (dada), kulit terbakar, ambein.

8. Yakut
Menambah ketenangan batin

9. Mata Kucing
Menambah rasa percaya diri.

10. Biduri Bulan
Menimbulkan ketenangan batin

11. Mirah Kuning
Menambah ketentraman batin

12. Kecubung
Menambah ketentraman batin, menolak rasa was-was, membentuk karakter sesorang dan membuat si pemakainya selalu disayang oleh orang lain.

13. Mutiara
Untuk ketenangan batin dan sebagai obat bagi penderita gangguan kewanitaan.

14. Sulaiman
Untuk ketentraman batin, menambah kewibawaan dan keagunggan.

Demikian sedikit ulasan mengenai batu permata atau akik. Semua kegunaan atau khasiat dari batu permata (akik) di atas merupakan mitos dari masyarakat Jawa yang belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Alloohu bish showab.

Selanjutnya saya akan memberikan informasi mengenai batu akik yang sangat terkenal di Sumatera Barat. Seandainya anda datang ke Sumatera Barat dan kebetulan anda adalah pemburu batu batu akik, ada baiknya anda datang ke Kabupaten Dharmasraya. Karena di sini ada batu-batu akik yang sangat terkenal yaitu LUMUIK SUNGAI DAREH (Lumut Sungai Dareh). Berikut adalah hasil browsing saya di internet melalui http://www.sumbaronline.com.

Batu Akik atau dikenal dengan batu hijau lumut Sungai Dareh dengan daya tarik tersendiri, ternyata memiliki harga jual cukup tinggi. Batu aki ini sangat diminati untuk cincin dan mainan kalung, khususnya untuk kaum laki laki yang hobi mengoleksi batu giok atau yang di kenal batu cincin hijau lumut Sungai Dareh.

Hasil pantauan www.sumbaronline.com di salah satu tempat pengrajin batu akik di daerah Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Dedi (38), mengatakan, dari dulu hingga sekarang ini batu lumut dari Sungai Dareh sangat terkenal sekali dan banyak diminati orang.

Dengan harga jual yang cukup tinggi dari Rp500.ribu hingga mencapai  puluhan juta perbatu cincinnya dan melihat bentuk batu tersebut yang siap jadi untuk dipasarkan.

Menurut Dedi, pertama tama batu aki di cari dasar sungai setelah di dapat batu di potong menurut ukuran yang dikehendak. Kemudian batu di gerinda dan dihaluskan menggunakan alat khusus dan berbentuklah sebuah cincin atau mainan kalung, kemudian siap di pasarkan.

Barang ini sangat diminati banyak orang yang hobi serta suka ngoleksi batu tersebut pada waktu waktu tertentu, seperti liburan sekolah dan hari raya pada umumnya para perantau datang ke tempat kami hanya sekedar untuk membeli sebagai cinderamata untuk di bawah ke tempat mereka.

Sehingga barang ini sangat tersohor sekali hingga ke pulau Jawa, Kalimatan apalagi daerah Medan dan Pekanbaru sering memesan batu ini melalui internet dan dikirimkan lewat jasa pengiriman, ucap Dedi.

"Saya berharap kepada pemerintah kabupaten Dharmasraya, agar batu aki  atau batu hijau lumut Sungai Dareh dapat diberi hak paten dan sebagai ikon cendramata dari daerah Dharmasraya," pungkasnya. 

4 komentar:

'ARSY CLINIC LINTAU mengatakan...

Assalamu'alaikum WW Pak Eriantoni.
Dimana Bapak di Bukit Tinggi, saya ingin liat-liat gemstone koleksi Bapak.
O ya..Batu lumuik sungai dareh itu bukan termasuk Giok, tapi termasuk idocrase stone dan atau hydrogrossular stone kata pakarnya setelah dia teliti di beberapa laboratorium di Jakarta..
Batu yang seperti ini tidak beberpa negara yang mempunyai depisitnya. Salah satunya california,Kanada.
Demikian saja Pak.sukses selalu untuk Bapak di Bukit Tinggi

Unknown mengatakan...

setuju sekali saya kalau batu lumut sungai dareh dapat hak paten, dan sebagai ikon cendramata kab.dharmasraya.

Unknown mengatakan...

aku jg setuju
ijin promosi ya

PROMO BESAR-BESARAN bagi para Kolektor berkantong tebal

BELI

Batu Pirus Biru / Turquoise Tembus Cahaya (LANGKA & ASLI PERSIA)

GRATIS

Batu Akik Sungai DAREH

Batu Mustika Hitam Tembus Cahaya

Batu Akik MERAH DAGING [tembus]

Batu Zamrud / Emerald [Bening Berserat]

Batu Yakut Bertuliskan Lafadz ALLAH

Batu Safir / Sapphire Dengan Serat Sulaiman

Batu mustika fosil KELAPA (ASLI kasiatnya telah saya rasakan)

Unknown mengatakan...

JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
Kondisi bahan ;.
- Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
- Bahan tua (galian lama).
- Kualitas super kristal- Sudah tembus.
- Bahan keras dan padat.
- Siap gosok poles.
- Daging utuh, tanpa kapur.
- Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
- Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
Daftar harga :
1 0ns ; Rp 500rb
5.ons Rp.1.250.000
1.kg Rp 2.500.000
5 kg Rp 6.000.000
10 Kg Rp 8.000.000
15,kg Rp.10,000,000,
Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
Hp.082347225054
pin :2A846D86

#.stock terbatas
Siapa cepat dia dapat
Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
*Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
-Nama Lengkap
-Alamat lengkap
-No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
-Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
Hp.082347225054
pin :2A846D86

jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.