Natural, Informative And Educative

Natural, Informative And Educative
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 75, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA, MARHABAN YA MUHARRAM. SELAMAT MEMASUKI TAHUN BARU ISLAM 1442 H" Mohon maaf lahir batin

Minggu, 05 September 2010

Profil Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani

Share

Mengapa Anda ingin menjadi guru (termasuk guru Penjas)? Bagaimanakah penilaian Anda terhadap profesi guru? Apakah Anda bangga menjadi guru mata pelajaran Penjas? Kompetensi apakah yang harus Anda dimiliki untuk mampu mengajar Penjas di sekolah dasar secara profesional? Pertanyaan-pertanyaan ini membantu Anda dalam rangka mengidentifikasi “pengetahuan” membantu Anda sendiri sehingga memudahkan Anda dalam menentukan filsafat pendidikan jasmani.

Seorang guru Penjas seharusnya memiliki kemampuan dasar umum yang mencakup: penguasaan dan pengorganisasi materi yang hendak diajarkan dan penguasaan metode penyampaian seta penilaiannya. Secara rinci karakteristik yang seharusnya dimiliki guru Penjas sebagai berikut:
1) Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi karakteristik anak tentang: a) pertumbuhan fisik, b) perkembangan mental, c) perkembangan sosial dan emosional sesuai dengan fase-fase pertumbuhan.
2) Mampu membangkitkan dan memberi kesempatan pada anak untuk berkreatif dan aktif dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, serta mampu menumbuhkembangkan potensi kemampuan dan keterampilan motorik anak.
3) Mampu memberikan bimbingan dan pengembangan anak dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani.
4) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan menilai serta mengoreksi dalam proses pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani di sekolah dasar.
5) Memiliki pemahaman dan penguasaan keterampilan gerak
6) Memiliki kemampuan tentang unsur-unsur kondisi fisik
7) Memiliki kemampuan untuk menciptakan, mengembangkan, dan memanfaatkan faktor-faktor lingkungan yang ada dalam upaya mencapai tujuan pendidikan jasmani.
Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi potensi peserta didik dalam dunia olahraga.
9) Memiliki kemampuan untuk menyalurkan hobinya peserta didik dalam dunia olahraga.
10) Memiliki kemampuan untuk menyalurkan hobinya dalam olahraga.
http://ahmesabe.wordpress.com/2008/11/04/profil-kompetensi-guru-pendidikan-jasmani/

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.