Natural, Informative And Educative

Natural, Informative And Educative
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 75, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA, MARHABAN YA MUHARRAM. SELAMAT MEMASUKI TAHUN BARU ISLAM 1442 H" Mohon maaf lahir batin

Kamis, 09 Februari 2012

Jajaran Disdikpora Bukittinggi Studi Banding ke Palembang

Share

Jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Bukittinggi melakukan studi banding ke Kota Palembang. Dalam rangkaian kunjungan 1-5  Februari 2012 itu, rombongan Disdikpora kotawisata yang berjumlah  123 orang menyigi  berbagai keberhasilan yang telah dicapai Disdikpora Kota Pelembang.  Rombongan dipimpin langsung Sekretaris Disdikpora Drs.Iskandar diterima oleh  Kadisdikpora Kota Pelembang Drs. H. Reza Pahlevi. Selain mengadakan pertemuan dengan  jajaran Disdikpora setempat, rombongan kotawisata kemudian mengunjungi  sekolah-sekolah, meliputi bidang SMA, SMK, SMP, SD dan PAUD. 

Iskandar, dalam keterangannya, Rabu (8/2) mengemukakan, studi banding tersebut  merupakan program Korpri Disdikpora Kota Bukittinggi. Tujuannya untuk menyigi  berbagai keberhasilan Kota Palembang di bidang pendidikan, terutama sekali  ketuntasan Wajar 12 tahun serta proses pembelajaran dan dan pengelolaan lingkungan  sekolah. Palembang dikenal sebagai salah satu kota di Pulau Andalas ini yang cukup  berhasil dalam pembangunan pendidikan.

 Sebanyak 123 orang rombongan jajaran pendidikan kotawisata terdiri unsur Disdikpora  22 orang, SMK empat orang, SMA sepuluh orang, SMP 14,. SD 51, TK 23 dan PAUD enam  orang. Perjalanan menggunakan 18 kendaraan roda empat dan dua unit bus pariwisata.  Di sela-sela kunjungan tersebut, rombongan kotawisata juga  mengikuti pertandingan  tennis dan bulutangkis persahabatan dengan tuan rumah di stadion Jaka Baring,  Palembang tempat berlangsungnya SEA Games tahun lalu. Hebatnya lagi, seluruh Komplek  Jaka Baring City merupakan kawasan bebas asap rokok. Benar-benar sentra olahraga  bertaraf internasional   




Dari rangkaian studibanding tersebut, menurut iskandar, Kota Bukittinggi mesti  belajar banyak dari Kota Palembang. Proses penyelenggaraan pendidikan di ibupropinsi  Sumsel itu sudah terkelola secara manajemen yang baik. Kota Palembang sudah tuntas  wajib belajar (Wajar) 12  tahun dan kini tengah merintis Wajar 15 tahun. Hebatnya  lagi, hampir keseluruhan sekolah di kota yang dibelah Sungai Musi itu kebersihannya  sangat terjaga.

Khusus bidang sekolah menengah kejuruan (SMK) ,para siswa di Palembang juga sudah  cukup maju.Seperti siswa di SMK2 sudah mampu merakit sepeda motor. Kendaraan roda  dua itu dirancang secara khusus dengan tenki minyak ganda. Motor tersebut dipesan  dan digunakan oleh perusahaan serta perorangan di lingkungan perkebunan kelapa sawit  dan karet di daerah setempat.

Sedangkan kehebatan siswa SMK 6 mengelola unit usaha jahitan seragam sekolah  dan guru melalui program keahlian busana. Sementara, program keahlian boga  mengelola catering makanan untuk melayani pesanan jemaah haji dan order pihak  lainnya. (hi)


Dishubkominfo (www.bukittinggikota.go.id)  

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.